Translate

Minggu, 14 Juni 2015

Dampak Kebakaran Hutan Bagi Ekonomi Negara

Dampak Kebakaran Hutan Bagi Ekonomi Negara

Indonesia merupakan salah satu Negara tropis yang memiliki wilayah hutan terluas kedua di dunia. Keberadaan hutan ini tentunya merupakan berkah tersebdiri. Hutan merupakan ekosistem alamiah yang keanekaragaman hayatinya sangat tinggi. Keberadaan hutan di Indonesia sangat penting tak hanya untuk bangsa Indonesia tetapi juga bagi semua makhluk hidup di bumi. (Zamzami, 2014)
Namun Indonesia adalah Negara yang berada di wilayah tropis dan memiliki tingkat kekeringan yang sangat tinggi dan dapat menyebabkan kebakaran hutan. Kebakaran adalah situasi dimana bangunan pada suatu tempat seperti rumah/pemukiman, pabrik, pasar, gedung dan lain-lain dilanda api yang menimbulkan korban dan/atau kerugian. (BNPB, 2014) Dari rentetan bencana alam besar yang dialami Indonesia sejak tahun 1900, kebakaran hutan adalah yang paling banyak memberikan kerugian ekonomi. Paling parah kerugian dialami pada masa kebakaran hutan dan lahan di tahun 1997 yang mencapai 4,45 miliar dollar Amerika. Angka ini dua kali lipat dari kerugian bencana tsunami  Aceh di tahun 2004 lalu. Meski lebih dari 17 tahun terbakarnya hutan Indonesia, hingga saat ini belum ada harapan dari kebijakan yang dibuat pemerintah mampu menguranginya secara signifikan. (Zamzami, 2014)
Sementara itu Provinsi Riau adalah provinsi yang paling menderita dari kebakaran hutan dan lahan tersebut. Kepala Pusat Data dan Informasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, kebakaran yang terjadi di awal tahun yakni selama dua bulan pada Februari dan Maret telah menyebabkan kerugian hingga 20 triliun rupiah.  Angka itu sendiri diperoleh dari hitungan produk domestik bruto (PDB) Riau akibat aktivitas ekonomi masyarakat yang terganggu seperti penerbangan yang ditutup hingga beberapa hari.(Adi, 2014)
                Kertepurukan ekonomi bangsa Indonesia harus segera dibangkitkan dengan cepat walaupun dengan bertahap. Sebagai warga Indonesia yang baik, bisa dimulai dari menjaga hutan sebagai paru-paru dunia. Tidak melakukan penebangan liar serta aktivitas merusak alam yang lain terutama yang dapat menyebabkan kebakaran hutan. Mulailah dari diri sendiri untuk ekonomi Indonesia yang lebih baik.


Daftar Pustaka





                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar